THR Bisa Jadi Sumber Dana Beli Rumah, Ini Caranya!
Yuk Nabung Saham
Fahmi Abidin
Minggu, 02 Juni 2019 09:00 WIB
Belum memiliki rumah tinggal karena masalah sumber dana? Nyatanya bisa karena Tunjangan Hari Raya (THR) bisa menjadi salah satu pos untuk pembiayaan.
THR Bisa Jadi Sumber Dana Beli Rumah, Ini Caranya! (Foto: Ist)

IDX Channel – Belum memiliki rumah tinggal karena masalah sumber dana? Nyatanya bisa karena Tunjangan Hari Raya (THR) bisa menjadi salah satu pos untuk pembiayaan. Sayangnya sebanyak 70% responden hanya menganggarkan kurang dari 25% bonus tahunannya untuk membeli rumah.

Fakta tersebut berdasarkan hasil riset Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019. Riset dilakukan berkala, dua kali dalam setahun oleh Rumah.com bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura.

Survei ini diikuti oleh 1.000 responden dari kota-kota di seluruh Indonesia dimana sebanyak 69% responden berasal dari rentang usia milenial (22-39 tahun) yang terdiri dari 34% milenial muda (kelahiran 1990-1997), sedangkan 35%-nya adalah milenial tua (kelahiran 1982-1989).

Dikatakan Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan, generasi ini masih belum memiliki perencanaan yang matang dalam rencana membeli rumah. Menurutnya, tak banyak porsi penghasilan tambahan yang dianggarkan oleh generasi milenial untuk membeli rumah. Padahal di momen Lebaran seperti ini, pekerja seharusnya bisa memanfaatkan Tunjangan Hari Raya untuk membeli rumah.

Berdasarkan riset, generasi milenial mempunyai strategi sendiri dalam mengumpulkan uang untuk membeli rumah. Sebanyak 51% milenial menggunakan strategi menabung sebisanya, sementara yang menabung secara rutin ada 49%. Sedangkan sebanyak 12% dari total responden milenial yang berencana membeli rumah mengaku memiliki lebih dari satu pekerjaan demi mewujudkan rencana mereka tersebut.

Ike menuturkan, prioritas pengelolaan keuangan generasi milenial akan sedikit banyak dipengaruhi oleh informasi yang didapatkan. Mereka harus mendapatkan edukasi perihal rumah sebagai kebutuhan primer dan pentingnya memiliki rumah sedini mungkin.

“Generasi milenial memiliki niat yang tinggi untuk membeli rumah, namun kurang berusaha, misalnya menabung secara rutin atau menyisihkan pendapatan tambahan seperti bonus dan lain-lain dengan jumlah yang signifikan," tambahnya. (*)

Baca Juga