Menabung Saham dari Uang THR, Perhatikan Dulu Hal Ini
Yuk Nabung Saham
Fahmi Abidin
Selasa, 11 Juni 2019 09:00 WIB
Tentu THR yang didapat tidak harus dihabiskan seluruhnya untuk dibelanjakan bukan, sebaliknya bisa diinvestasikan dalam bentuk saham.
Menabung Saham dari Uang THR, Perhatikan Dulu Hal Ini. (Foto: Ist)

IDX Channel - Tunjangan Hari Raya (THR) adalah salah satu yang paling ditunggu jelang lebaran. Tentu THR yang didapat tidak harus dihabiskan seluruhnya untuk dibelanjakan bukan, sebaliknya bisa diinvestasikan dalam bentuk saham.

Ahli keuangan menyarankan hanya 50-60% saja jumlah yang digunakan untuk kegiatan konsumsi dari total THR. Jumlah yang tersisa sebaiknya dimanfaatkan untuk investasi. Investasi ini tentu tidak jauh beda dengan menabung uang THR, tapi investasi memiliki potensi memberi keuntungan tinggi apabila instrumennya tepat.

Saham merupakan salah satu instrumen yang bisa digunakan untuk menyimpan uang THR dengan visi mendapat keuntungan. Baru 0,2% dari total jumlah penduduk Indonesia yang berinvestasi di pasar saham padahal potensinya sangat tinggi. Berikut tips untuk Anda yang berminat investasi saham.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah amati pergerakan indeks saham perusahaan yang diminati dalam jangka waktu tertentu, semisal satu minggu. Pilih perusahaan yang poinnya stabil bahkan mengalami penguatan. Hal ini berpotensi menguntungkan karena harga saham yang anda beli saat ini kemungkinan akan mengalami peningkatan dalam beberapa waktu ke depan. Keuntungan dari kenaikan harga ini dinamakan capital gain.

Selain itu Anda perlu membuat strategi dengan memerhatikan rencana dan program suatu perusahaan dalam kurun waktu tahunan. Kebijakan yang dibuat perusahaan berpotensi melemahkan atau menguatkan harga saham mereka.

Artinya, perusahaan yang saat ini poinnya sedang lesu, mungkin akan menguat beberapa bulan ke depan, begitu pula sebaliknya. Ini wajib jadi pertimbangan jika akan melakukan investasi jangka panjang.

Terakhir, Anda bisa menimang keputusan untuk investasi saham di perusahaan tertentu berdasarkan jadwal pembagian dividennya. Dividen adalah bagian laba perusahaan yang diperoleh perusahaan dan dibagikan kepada pemegang saham sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

Selama Anda pintar dan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, saham bisa jadi instrumen investasi yang menguntungkan. (*)

Baca Juga