Cerita Sukses Menabung Saham, Ini Kata Giring dan Piyu
Yuk Nabung Saham
Fahmi Abidin
Selasa, 11 Juni 2019 19:15 WIB
Satriyo Yudi Wahono atau nama bekennya Piyu dari grup band legendaris Padi dan Giring Ganesha sudah makan asam garam soal Nabuang Saham di pasar modal.
Cerita Sukses Menabung Saham, Ini Kata Giring dan Piyu. (Foto: Ist)

IDXChannel - Satriyo Yudi Wahono atau nama bekennya Piyu dari grup band legendaris Padi sudah makan asam garam soal investasi di pasar modal. Debutnya menjadi investor saham bermula pada 2003. Gitaris kelahiran Surabaya 45 tahun silam itu memilih produk investasi reksa dana.

Sayangnya nasib malang menghampiri Piyu saat krisis ekonomi melanda Indonesia. Uang senilai USD80 ribu yang ditanamkan pada reksa dana tergerus sampai 70 persen. Tak putus asa, musisi dan pencipta lagu itu beralih ke instrumen saham dengan membeli saham perdananya PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

Saat ini, Piyu mengoleksi 10 saham perusahaan yang melantai di BEI dengan keuntungan hingga Rp 70 juta setiap bulan. Fantastis ya, cukup buat DP rumah non-subsidi.

Sementara itu, Giring Ganesha ex band Nidji mulai menjajal investasi saham sejak 2008. Dari awal ke pasar modal, pria berambut keriting itu berniat investasi dalam jangka panjang, bukan sebagai trader bahkan spekulan yang cuma sibuk keluar masuk saham setiap hari.

Alasannya menabung saham dalam jangka panjang akan memberi keuntungan besar. Giring mengalokasikan sekitar 10 persen dari honornya manggung saat itu ke saham. Terbukti, dari hasil bermain saham secara konsisten, Giring bisa punya modal untuk membiayai pernikahannya dengan istrinya sekarang yakni Cynthia Riza.

Ia juga bisa membayar uang muka atau DP rumah yang ditinggalinya sekarang dari keuntungan investasi saham saat itu. Nikmatnya berinvestasi di pasar modal, ia tularkan pada sang istri. Cynthia dan Giring menambah portofolio investasinya ke reksa dana. (*)

Baca Juga