Apa Itu Bullish dan Bearish?
Yuk Nabung Saham
Fahmi Abidin
Senin, 15 Oktober 2018 11:30 WIB
Bullish berawal dari kata Bull yang artinya Banteng, makanya tidak heran pasti ada logo banteng di setiap bursa efek negara mana pun. Lalu apa artinya Bullish?
Ilustrasi

IDXCHANNEL- Saat Anda memasuki dunia pasar modal, Anda akan banyak mendengar kata-kata Bullish atau Bearish. Apa arti kata-kata tersebut?

Bullish berawal dari kata Bull yang artinya Banteng, makanya tidak heran pasti ada logo banteng di setiap bursa efek negara mana pun. Lalu apa artinya Bullish?


Bullish adalah suatu kondisi dimana pasar saham sedang mengalami tren naik atau menguat. Kenaikan pasar saham ini dapat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi di suatu negara bahkan diseluruh dunia sedang mengalami pertumbuhan ekonomi. Sektor usaha dan bisnis berkembang. Tingkat pendapatan perkapita naik, pertumbuhan laba perusahaan yang meningkat, dan faktor lainnya.


Setelah Bullish, anda akan mengenal kata Bearish. Kata ini berawal dari kata Bear. Lalu apa artinya?

Bearish adalah suatu kondisi dimana pasar saham sedang mengalami tren turun atau melemah. Penurunan pasar saham ini dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi yang melambat bahkan turun dari tahun sebelumnya. Tingkat pengangguran bertambah, defisit neraca perdagangan. laba perusahaan yang tumbuh negatif dan faktor lainnya


Bullish selalu dilambangkan dengan banteng dan bearish dilambangkan dengan beruang. beberapa sumber menyebutkan bahwa kenapa banteng karena banteng menanduk keatas sedangkan beruang mencakar kebawah sehingga akan representatif dengan kondisi perkelahian hewan. jika banteng menang maka pasar akan keatas, jika beruang menang maka pasar akan turun. serta beberapa penjelasan mengenai kenapa perumpaan ini yang berbeda. Dan yang pastinya istilah dan lambang ini sudah menjadi istilah dalam pasar saham dan pasar lain seperti pasar komoditas dan pasar uang.

Baca Juga