Lolos Jerat Pailit, Bagaimana Rencana Bisnis TPS Food Selanjutnya?
Market News
Fahmi Abidin
Selasa, 11 Juni 2019 16:30 WIB
Dua anak usaha PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk PT Putra Taro Paloma (PTP) dan PT Balaraja Bisco Paloma (BBP) lolos dari jeratan pailit.
Lolos Jerat Pailit, Bagaimana Rencana Bisnis TPS Food Selanjutnya?. (Foto: Ist)

IDXChannel - Dua anak usaha PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk PT Putra Taro Paloma (PTP) dan PT Balaraja Bisco Paloma (BBP) lolos dari jeratan pailit. Bursa Efek Indonesia (BEI) menanti langkah bisnis selanjutnya dari induk usaha produsen snack taro itu.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna mengatakan, nasib TPS Food ke depan ditentukan dari dua anak usahanya tersebut. Hal ini karena divisi beras yang selama ini menjadi andalan telah dinyatakan bangkrut oleh Pengadilan Niaga Semarang.

"Nah sekarang ada yang food-nya sendiri, justru sebetulnya arahnya kita liat yang ini nih. Bagaimana dia mengembangkan, ada snack-nya terus ada yang lainnya ke depan ini dikembangkan seperti apa," ujar Nyoman di Jakarta, Selasa (11/6).

Menurutnya, rencana bisnis TPS Food pascaputusan pengadilan krusial bagi investor. BEI selaku regulator, kata dia, akan terus memantau perkembangan emiten dengan kode AISA itu.

"Bagaimana nanti setelah selesai proses secara legal, semua subsidiary, anak-anak usahanya itu bisa dikonsolidasi sehingga nanti diharapkan kegiatan operasinya itu bisa lebih optimal," ucapnya.

Untuk diketahui, TPS Food telah menyelesaikan seluruh proses penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) setelah seluruh kreditur memberikan kesempatan untuk melunasi kewajiban utangnya. Kedua anak usaha TPS Food itu terlilit utang hampir Rp500 miliar. Permohonan PKPU diajukan oleh Bank UOB Indonesia selaku kreditur separatis yang memiliki tagihan hampir Rp200 miliar. (*)

Baca Juga