Jelang Olimpiade 2020, Ini Inovasi Ramah Lingkungan Terbaru Jepang
IDXTainment
Fahmi Abidin
Rabu, 12 Juni 2019 10:45 WIB
Dalam rangka menyongsong Olimpiade Tokyo 2020, Jepang sebagai tuan rumah melakukan sebuah terobosan yang ramah lingkungan.
Jelang Olimpiade 2020, Ini Inovasi Ramah Lingkungan Terbaru Jepang. (Foto: Ist)

IDXChannel - Dalam rangka menyongsong Olimpiade Tokyo 2020, Jepang sebagai tuan rumah melakukan sebuah terobosan yang ramah lingkungan. Podium penghargaan akan dibuat dari limbah plastik. Ini adalah pertama kalinya podium dibuat dari sampah daur ulang.

Dikutip Reuters, (12/6), Toshiro Muto Ketua Penyelenggara Olimpiade mengatakan langkah ini diambil sebagai pesan tentang pembangunan keberlanjutan yang dijadikan tema besar penyelenggaraan Olimpiade Tokyo tahun depan.

“Dengan mengirimkan pesan itu ke Jepang dan seluruh dunia, kami pikir proyek ini akan memiliki makna yang sangat besar,” katanya.

Dibutuhkan sedikitnya 45 ton plastik untuk membuat sekitar 100 podium untuk Olimpiade. Limbah plastik disumbangkan oleh penduduk setempat atau dikumpulkan dari laut. Bahkan mulai besok (13/6), akan disediakan kotak pengumpulan limbah plastik di lebih dari 2.000 gerai supermarket AEON, Jepang.

Panitia penyelenggara begitu gencar mempromosikan isu ramah lingkungan, termasuk membuat semua medali dari limbah elektronik daur ulang. Mereka mengumpulkan limbah dari indutri setempat, dengan target hasil daur ulang berupa 2.700 kg perunggu, 30,3 kg emas, dan 4.100 kg perak.

Selain itu, seragam yang akan dikenakan oleh pelari dalam obor estafet juga menggunakan perpaduan bahan dari daur ulang sampah botol plastik. (*)

Baca Juga