Ini 7 Langkah Aman Meninggalkan Rumah Sebelum Mudik
IDXTainment
Fahmi Abidin
Selasa, 04 Juni 2019 09:00 WIB
Jangan sampai momen bahagia pergi ke kampung halaman berubah menjadi petaka karena beberapa hal yang terlewatkan saat meninggalkan rumah.
Ini 7 Langkah Aman Meninggalkan Rumah Sebelum Mudik. (Foto: ISt)

IDX Channel - Pulang ke kampung halaman saat mudik selalu ditunggu jelang Idul Fitri untuk bertemu sanak keluarga yang lama tidak bersua. Namun, Sobat Investor harus selalu berhati-hati saat meninggalkan rumah sebelum berangkat.   

Jangan sampai momen bahagia pergi ke kampung halaman berubah menjadi petaka karena beberapa hal yang terlewatkan saat meninggalkan rumah. Berbagai bahaya mengincar rumah yang Anda tinggalkan selama mudik, mulai dari pencurian sampai bencana yang tidak diinginkan.

Namun, Sobat Investor tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengikuti tujuh langkah yang bisa dilakukan agar rumah aman selama Anda berlebaran di kampung halaman.

Pertama tentu saja pastikan aliran listrik terputus dari seluruh alat elektronik dan cabut colokan listrik dari stop kontak. Kedua yaitu pastikan kompor gas telah dimatikan secara sempurna, lalu cabut regulator dari tabung gas. Ketiga adalah pastikan seluruh keran air tertutup rapat. Tutup semua lubang pembuangan dan penampungan air.

Selain itu, yang keempat yakni simpan barang-barang berharga di tempat aman dan tinggalkan rumah dalam keadaan rapi dan bersih. Kelima selalu pastikan jendela, pintu, dan pagar terkunci sempurna. Lalu keenam laporkan kepada RT, petugas keamanan dan tetangga terdekat tentang rencana mudik Anda. Dan terakhir ketujuh adalah pertimbangkan opsi pemasangan CCTV sebelum berangkat mudik.

Pastikan seluruh langkah sudah dilakukan sebelum berangkat dari rumah, hati-hati diperjalanan dan selamat sampai tujuan untuk bertemu dengan sanak keluarga. (*)

 

Baca Juga