Gagal Tutup Biaya Produksi, Dark Phoenix Terancam Rugi USD100 Juta
IDXTainment
Fahmi Abidin
Selasa, 11 Juni 2019 16:45 WIB
Para pakar keuangan menilai, film Dark Phoenix dengan biaya produksi USD350 juta ini tidak akan mampu menembus pendapatan Box Office senilai USD300 juta.
Gagal Tutup Biaya Produksi, Dark Phoenix Terancam Rugi USD100 Juta. (Foto: Ist)

IDXChannel - Mulai tayang pada 6 Juni, X-Men Dark Phoenix sudah diprediksi bakal merugi. Pasalnya, para pakar keuangan menilai, film dengan biaya produksi mencapai USD 350 juta ini tidak akan mampu menembus pendapatan Box Office senilai USD 300 juta.

Prediksi ini dihitung dari nilai pendapatan film selama tiga hari pertama yang hanya meraup USD 33 juta di Amerika Serikat. Ini menjadi capaian terburuk dalam sejarah franchise film X-Men yang telah berjalan selama 19 tahun.

Hal ini diperparah oleh nilai yang diterima film ini sendiri. Dark Phoenix hanya menerima B- dari penilaian CinemaScore dan 23% berdasar ulasan Rotten Tomatoes. Nilai ini tentu membuat minat menonton seri X-Men ini jauh surut. Terlebih film-film yang lebih menggugah seperti Aladdin dan Godzilla tayang dalam waktu yang berdekatan.

Jelas ini merupakan sebuah bencana bagi 20th FOX Centuries yang memproduksi film ini. Dark Phoenix dianggap sebagai ‘korban’ kesepakatan yang dibuat Disney dan FOX. Hal ini dianggap wajar jika membandingkan capaian film ini dengan X-Men Apocalypse yang tayang 2016 silam. Kesepakatan yang dibuat seharusnya bisa memberikan dampak positif tapi yang terjadi malah sebaliknya.

Kondisi ini jadi semakin miris jika kita melihat kesuksesan saudara tiri X-Men, Avengers. Endgame film teranyar Avengers bahkan mampu menggeser Titanic di posisi kedua Box Office Global sepanjang masa. Tentu antusias penggemar menyambut kedua film ini tidak bisa dibandingkan, tapi fakta ini dapat menjadi indikator keseriusan FOX menggarap film ini.

Saat ini, pendapatan Dark Phoenix telah mencapai USD136 juta. Namun, jika menakar kualitas film pesaing yang akan tayang dalam waktu dekat, besar kemungkinan kita tinggal menghitung selisih kerugian yang dialami film ini. (*)

Baca Juga