Fokus Beramal, Jack Ma Akan Jual Sahamnya di Alibaba
IDXTainment
Fahmi Abidin
Senin, 18 Maret 2019 11:15 WIB
Jack Ma, orang terkaya kedua di China akan menjual sebagian sahamnya di Alibaba. Penjualan tersebut terkait rencana Ma untuk fokus menjalani amal.
Fokus Beramal, Jack Ma Akan Jual Sahamnya di Alibaba. (Foto: Ist)

IDXChannel - Jack Ma, orang terkaya kedua di China akan menjual sebagian sahamnya di Alibaba. Penjualan tersebut terkait rencana Ma untuk fokus menjalani amal.

Dilansir KR-Asia, Senin (18/3), Founder Alibaba itu bersama Executive Vice Chairman Joseph C. Tsai menjual saham senilai USD30,6 juta, setara Rp430 miliar. Penjualan yang dilakukan mulai bulan depan itu ditujukan untuk perencanaan kekayaan biasa dan memenuhi komitmen filantropi.

Dari total saham beredar Alibaba yang mencapai 21,4 juta lembar, Jack Ma menguasai 12,8 persen. Penjualan sebagian saham itu akan dilakukan secara bertahap mulai April 2019 hingga April 2020 oleh dua perusahaan investasinya, JC Properties Ltd dan JSP Investment Ltd.

Secara teknis, penjualan tersebut akan dilakukan lewat pihak ketiga dan disalurkan kepada Jack Ma Philantropic Foundation.

Sekadar informasi, Ma sudah pensiun dalam kegiatan sehari-harinya di Alibaba dalam kapasitasnya sebagai CEO dan Chairman. Namun, hingga saat ini dia masih terlibat sebagai penasihat di perusahaan e-commerce raksasa asal China tersebut.

Mantan guru itu mengaku ingin fokus menikmati hidupnya sekaligus menjalankan kegiatan amal. Dia mendirikan yayasan pribadinya sejak 2014. Yayasan itu fokus pada pendidikan, dunia yang dicintai Jack Ma.

Pria kelahiran Hang Zhou itu merupakan orang terkaya di China setelah Ma Huateng. Per akhir Februari 2019, Forbes menaksir kekayaannya mencapai USD37,3 miliar atau setara Rp522 triliun. (*)

Baca Juga